Monday, April 2, 2018

Goa Gajah Ubud, Lokasi Pertapaan Cantik di Pulau Dewata

KETIKA Anda mampir ke Ubud di Bali, jangan lupa untuk mampir ke lokasi yang berjarak 2 km ke arah tenggara. Tapi jangan kecewa, tempat peribadatan yang cantik tersebut tidak memiliki gajah di dalamnya.
Nama Goa Gajah kemungkinan dipilih karena lokasinya dekat dengan Sungai Petanu, yang pada satu waktu dikenal sebagai Sungai Gajah. Kemungkinan lain demikian karena tampak luar pintu masuk gua menyerupai gajah.
Ketika sampai di lokasi, Anda akan masuk melalui pintu yang diukir berbentuk mulut setan. Di depan gua adalah dua kolam pemandian persegi dengan pancuran yang dipegang oleh enam patung perempuan.
Di dalam gua yang berbentuk "T" tersebut Anda dapat melihat sisa-sisa fragmentaris lingam, simbol phallic Dewa Siwa Hindu dengan teman wanitanya Yoni, patung anak Siwa, dan Dewa Ganesha yang berkepala gajah.
Asal-usul gua sendiri tidak diketahui pasti. Satu kisah menceritakan bahwa ia diciptakan oleh raksasa legendaris Kebo Iwa, pada abad ke-11, selama pengambilalihan Majapahit Bali. Gua itu ditemukan kembali oleh arkeolog Belanda pada 1923, menyusul penemuan air mancur dan kolam renang pada 1954.
Seperti dilansir dari Lonelyplanet, Jumat (2/12/2016), dari Goa Gajah Ubud Anda dapat turun melalui sawah ke Sungai Petanu, di mana ada runtuh pahatan batu stupa (kubah untuk perumahan relik Buddha) pada tebing dan sebuah gua kecil.
Wisatawan dapat ke sana dari pagi jam 8 pagi sampai sebelum matahari terbenam. Biaya masuk per orang dewasa sekira Rp15 ribu dan kendaraan akan dikenakan sekira Rp2.000/5.000. Sebelum kembali ke tempat parkir, wisatawan dapat membeli suvenir di kios-kios atau mencoba 'Kopi Luwak' di area parkir.

2 comments:

  1. Ini memang dikenal sebagai tempat wisata, tempat wisata yang ada di Pulau Bali. Wisata yang ada di Bali pun beraneka ragam, memberikan pilihan kepada wisatawan. Tidak hanya tempat wisata saja namun penginapan di Bali pun juga berjumlah banyak. Oleh karenanya tidak perlu khawatir apabila berwisata ke Bali dalam waktu beberapa hari, karena dapat bermalam di Bali lalu melanjutkan mengunjungi berbagai wisata yang ada di sana. Bagi masyarakat Jawa Timur . Bisa datang ke Bali maupun mengunjungi wisata yang ada di Jawa Timur. Pasalnya Jawa Timur sendiri memiliki berbagai wisata yang tergolong banyak. Salah satunya adalah yang ada di Malang. Ada berbagai wisata yang ada di Malang yang dapat dikunjungi. service AC Malang

    ReplyDelete
  2. Bagi masyarakat yang ada di Yogyakarta dan mau menuju ke Jakarta dapat memilih transportasi travel sebagai solusinya. Pasalnya transportasi ini memberikan kemudahan kepada masyarakat sehingga Konsumen akan mendapatkan pengalaman yang berbeda. Jika naik transportasi bus konsumen perlu datang dulu ke terminal ketika naik travel, maka ketika naik tidak demikian. Konsumen akan mendapatkan penjemputan sesuai dengan alamat dan akan mendapatkan pengantaran sampai dengan alamat. Dengan cara ini maka Konsumen tidak perlu lagi berkali-kali pindah kendaraan melainkan cukup naik satu kendaraan saja yaitu naik travel yang bersangkutan. Perjalanan yang menunjukkan masyarakat ini juga bisa menjadi solusi bagi masyarakat yang ada di Jakarta ke Wonosari atau bisa dikatakan tersedia travel Jakarta Wonosari Karena perjalanan yang dibuka adalah dua arah.

    ReplyDelete