Monday, April 2, 2018

Malioboro yang Legendaris dan Selalu Dirindukan Tugu Jogja Malam Hari

Apa ikon Yogyakarta? Pasti semua setuju menyebut Malioboro. Suatu nama jalan dan kawasan yang legendaris, tak pernah sepi dan selalu bikin rindu.

Jalan Malioboro merupakan salah satu ikon dari Kota Yogyakarta yang menjadi tujuan utama wisatawan. Terkenal sebagai tempat berbelanja di Jantung Kota, jalan ini juga sarat akan nilai sejarah yang menyertainya. Keberadaan jalan Malioboro ini pun sering dikaitkan dengan tiga tempat sakral di Yogyakarta lainnya, seperti Kraton Yogya, Gunung Merapi, dan Pantai Selatan.

Jalan Malioboro ini sendiri membentang dari mulai Tugu Jogya malam hari hingga ke perempatan kantor pos. Dalam bahasa sansekerta kata Malioboro ini berarti karangan bunga dan juga sering dikaitkan dengan nama seorang kolonial Inggris bernama Marlborough yang pernah tinggal di sana.

Pada saat kemerdekaan, jalan Malioboro ini menjadi saksi bisu dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Di selatan jalan ini pernah terjadi pertempuran sengit antara pasukan tanah air dengan pasukan kolonial Belanda yang ingin menduduki Keraton Yogya. Pertempuran inilah yang dikenal sebagai peristiwa serangan umum 1 Maret 1949.

Jalan Malioboro sangat terkenal dengan para pedagang kaki lima yang menjajakan kerajinan khas Yogya, kuliner khas Yogya dan berbagai macam oleh-oleh khas Yogya. Jalan ini juga sering dijadikan tempat berkumpulnya para seniman yang sering mengekspresikan kemampuan mereka seperti melukis, bermain musik, pantomim dan lainnya di sepanjang jalan ini. Umumnya pengunjung yang datang kemari biasanya mencari penganan khas Yogya yang disajikan secara lesehan, mencari oleh-oleh, berburu fotografi atau hanya sekedar menghabiskan malam.

Tidak seperti yang dulu, pemerintah Yogyakarta telah berbenah diri menata jalan legendaris ini, mulai dari memindahkan parkiran, membuat benda seni di sepanjang jalan, memberikan bangku tempat pengunjung menikmati malam serta perbaikan trotoarnya sehingga pejalan kaki dapat leluasa bergerak. Selain berbelanja dan berkuliner ria, di sini pengunjung bisa berkeliling Yogya menggunakan becak dan andong dengan harga yang sudah disepakati sebelumnya.

Di Malioboro ini kita dapat pula mengunjungi tempat terkenal dan bersejarah lainnya seperti Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburgh, Monumen Serangan Oemoem 1 maret, Stasiun tugu dan Tugu Yogya. Waktu yang tepat mengunjungi adalah sore hari menjelang matahari terbenam karena warna langit di kawasan jalan Malioboro ini sangat cantik saat matahari mulai beranjak ke peraduan. Jangan lupa nikmati malam panjangmu di sini ditemani seniman jalanan.                    

3 comments:

  1. Perjalanan dengan transportasi travel dapat menjadi pilihan bagi masyarakat yang saat ini berada di Jakarta dan berencana mau menuju ke arah Jawa seperti menuju ke Semarang. Transportasi travel Jakarta Semarang tidak hanya sekedar menjadi pilihan namun memberikan layanan yang tidak diberikan oleh transportasi lain. Pasalnya transportasi ini menawarkan fasilitas penjemputan dan fasilitas pengantaran. Konsumen akan dijemput sesuai dengan alamat di kota asal dan dan nantinya akan diantar sama dengan alamat yang dituju. Dengan demikian Konsumen tidak perlu lagi berkali-kali mencari transportasi melainkan cukup naik transportasi travel Jakarta Semarang yang telah dipesan sebelumnya. Perjalanan yang dibuka pun dua arah yang artinya bagi masyarakat yang ada di Semarang bisa pulang menuju ke Jakarta. Mobilitas antar kedua kota itu menjadi praktis dengan biaya transportasi travel.

    ReplyDelete
  2. Perjalanan dari Jember menuju ke Surabaya dapat ditempuh dengan berbagai jasa transportasi. Salah satu transportasi yang memberikan kemudahan kepada masyarakat adalah transportasi travel antar kota. Travel Jember Surabaya memberikan kemudahan kepada masyarakat tanpa perlu berganti-ganti kendaraan. Pasalnya Konsumen akan mendapatkan fasilitas penjemputan dan fasilitas pengantaran. Konsumen akan dijemput sebuah alamat dan akan diantar sama dengan alamat masing-masing. Dengan demikian Konsumen tidak perlu repot jadi kamu berangkat maupun saat menuju alamat. Perjalanan dengan transportasi travel lebih simpel dibandingkan moda transportasi darat lainnya. Perjalanan dengan transportasi travel ditetapkan dengan biaya yang terjangkau. Meski tersangka 6 Konsumen akan mendapatkan hasil tas yang tergolong langka. Jadwal keberangkatan transportasi travel Jember Surabaya disediakan dengan jadwal tertentu.

    ReplyDelete
  3. Insomnia adalah kondisi di mana seseorang kesulitan untuk tidur atau mempertahankan tidur yang cukup sehingga dapat memengaruhi kualitas hidup dan kesehatan secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mengatasi insomnia: Membuat jadwal tidur yang teratur: Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan pada akhir pekan. Hindari stimulan: Hindari konsumsi kafein, alkohol, dan merokok beberapa jam sebelum tidur. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman: Pastikan kamar tidur Anda tenang, gelap, dan sejuk. Gunakan kasur dan bantal yang nyaman. travel Jakarta Lampung

    ReplyDelete